Penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan Kinerja dan Pemeriksaan Kepatuhan Semester II Tahun 2020 Pada Pemerintah Kabupaten Sigi

08 January 2021 BKAD Sigi 29
BKAD SIGI

Written by

SIGI- Penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan Kinerja dan Pemeriksaan Kepatuhan Semester II atas Penanganan Covid-19 Tahun 2020,
oleh Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK-RI) Perwakilan Provinsi Sulawesi Tengah dilaksanakan secara virtual. Penyerahan ini dihadiri oleh Bupati Sigi Mohamad Irwan, S.Sos., M.Si bersama Ketua DPRD Kabupaten Sigi Moh. Rizal, Intjenae, S.Sos., M.Si, didamping Sekretaris Daerah Kabupaten Sigi Muh. Basir, SE., MP, Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Sigi, Hajar Modjo, SE., MM, Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sigi, Roland Franklin, S.STP., M.Si, dan Direktur Rumah Sakit Torabelo Kabupaten Sigi dr. Graf Richard Fracher. Kamis, (7/1).

Kegiatan yang dilaksanakan di Ruang Rapat Bupati Sigi ini, diawali dengan Penandatanganan berita acara dan Penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan Kinerja oleh Plt. Kepala BPK Provinsi Sulawesi Tengah Drs. Lion Simbolon, MM, kepada Bupati Sigi dan Ketua DPRD Kabupaten Sigi yang diikuti penyerahan kepada Kepala Daerah lainnya di Provinsi Sulawesi Tengah.

Dalam kesempatan tersebut, Plt. Kepala BPK Provinsi Sulawesi Tengah menyampaikan, bahwa Dasar pemeriksaan berdasarkan ketentuan dalam Pasal 7 ayat 5 undang-undang 15 tahun 2006 tentang BPK, laporan hasil pemeriksaan yang telah disampaikan kepada lembaga perwakilan dinyatakan terbuka untuk umum. Sesuai pasal 4 ayat 1 undang-undang Nomor 15 Tahun 2004, BPK melaksanakan pemeriksaan atas pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara yang antara lain terdiri atas pemeriksaan kinerja dan pemeriksaan dengan tujuan tertentu pemeriksaan kepatuhan. Pemeriksaan tersebut dilaksanakan sesuai dengan standar pemeriksaan yang ditetapkan oleh BPK RI yang meliputi prosedur, yang dipandang perlu sesuai dengan keadaan.(sumber red.Humas Kab.Sigi)

Video Conference Rapat Koordinasi dan Evaluasi Penyerapan APBD Tahun 2020

16 December 2020 BKAD Sigi 25
BKAD SIGI

Written by

SIGI - Bertempat di Kantor Badan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Sigi,Sekretaris Daerah Kabupaten Sigi Muh. Basir, SE., MP, didampingi Kepala BKAD Kabupaten Sigi Hajar Modjo ,SE., MM, dan Sekertaris BKAD mengikuti rapat koordinasi dan evaluasi penyerapan APBD Tahun 2020 melalui video converence bersama dengan Sekjen Kemendagri, Dirjen Keuangan Daerah, Dirjen Perimbangan Keuangan, Deputi PPKD BPKP, serta para Pimpinan Daerah Baik Provinsi, Kabupaten maupun Kota se - Indonesia.Selasa (15/12/2020)

Ada beberapa poin penting yang menjadi catatan terutama kepada Daerah - daerah yaitu Kepada Pemerintah Daerah Provinsi, Kabupaten dan Kota diharapkan dengan sisa waktu yang 10 hari lagi agar segera melakukan penyerapan APBD Tahun 2020, Pemerintah Daerah diminta agar konsisten melakukan penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi dan transformasi ekonomi nasional sesuai dengan kearifan lokal masing-masing daerah serta memastikan keterpaduan program dan kegiatan penanganan Covid-19 pada level pemerintahan kedepan yang kita sebut kemendesa dan kelurahan, Pemerintah Daerah juga diharapkan agar tetap memfokuskan penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional di Tahun 2021 serta tetap bersinergi dengan Pemerintah Pusat dan stacholder lainnya. (sumber red.Humas Kab.Sigi)

PENGAMBILAN KEPUTUSAN ATAS RANCANGAN PERATURAN DAERAH TENTANG ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA DAERAH (APBD) TAHUN ANGGARAN 2021

30 November 2020 BKAD Sigi 24
BKAD SIGI

Written by

bkad.sigikab.goi.id Rapat dipimpin oleh ketua DPRD Moh. Rizal Intjenae, didampingi Wakil ketua I Rahmat Saleh, Wakil ketua II Torki Ibrahim Turra, dan dihadiri Pjs. Bupati Sigi Sisliandy, 22 anggota DPRD dan para pimpinan OPD, Senin (30/11/20)
Pjs bupati sigi dalam sambutannya mengatakan Pemerintah Daerah sangat memahami sepenuhnya bahwa pembahasan APBD Kabupaten Sigi Tahun Anggaran 2021 yang dilakukan oleh Dewan yang terhormat, pada prinsipnya merupakan salah satu wujud tanggungjawab kita bersama dalam melaksanakan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
Pemerintah Daerah Kabupaten Sigi sangat memahami sepenuhnya bahwa selama berlangsungnya Pembahasan Rancangan Peraturan Daerah ini yang dilakukan secara maraton, siang dan malam oleh segenap anggota Dewan yang terhormat terutama Pimpinan dan seluruh anggota Badan Anggaran maupun Tim Anggaran Pemerintah Daerah dan seluruh OPD, sering kali terjadi perbedaan pendapat dan pandangan, akan tetapi hal ini dapat terselesaikan dengan baik berkat terbangunnya kesepahaman yang dilandasi oleh keinginan kita bersama untuk membangun Kabupaten Sigi yang lebih maju dan kompetitif di wilayah Provinsi Sulawesi Tengah.

PANDANGAN UMUM FRAKSI-FRAKSI TERHADAP PENJELASAN BUPATI SIGI DAN PENGANTAR NOTA KEUANGAN RANCANGAN PERATURAN DAERAH KABUPATEN SIGI TENTANG ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA DAERAH TAHUN ANGGARAN 2021

24 November 2020 BKAD Sigi 25
BKAD SIGI

Written by

Rapat dipimpin wakil ketua Torki Ibrahim Turra, dan dihadiri 25 anggota DPRD, Asisten III Ir. Andi Aco mewakili Pjs. Bupati Sigi, dan para pimpinan OPD, Selasa (17/11/20)
KeTujuh fraksi DPRD dapat menerima dan menyetujui Ranperda Kabupaten Sigi tentang APBD TA.2021 untuk dibahas ke tingkat selanjutnya.